0




Peluang dan prospek bisnis jasa pengiriman barang hingga saat ini masih sangat menarik. Bukan hanya orang yang berbisnis online yang menjadi target pasarnya, masyarakat umum bahkan hingga perusahaan-perusahaan besar juga sangat membutuhkan keberadaan jasa pengiriman barang ini.

Namun memang, makin banyaknya orang yang bertransaksi secara online mulai membuat paradigma baru yang ada dalam kehidupan masyarakat. Orang-orang semakin mudah berbelanja meskipun penjual dan pembeli tidak saling mewujudkan pertemuan secara fisik, bahkan kadang tempat mereka sangatlah berjauhan. Karena itulah, jasa pengiriman barang semakin dibutuhkan.

Karena berhubungan dengan dunia online alias internet, maka perusahaan jasa pengiriman barang itu sendiri pada dasarnya juga membutuhkan website sebagai sarana pendukungnya. Sebab dengan adanya website resmi perusahaan yang profesional dapat membantu kemajuan bisnis tersebut secara online.

Beberapa manfaat website bagi sebuah perusahaan jasa pengiriman barang diantaranya adalah :

1. Memberikan informasi tentang jenis jasa layanan.

Mulai dari daftar tarif, area atau wilayah operasional, waktu pengiriman dan aplikasi pemantau barang kiriman.

2. Mudah diakses oleh siapa saja.

Dengan berbasis internet, informasi tentang jasa pengiriman barang yang disediakan pada website akan mudah diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Dengan demikian konsumen akan mudah mendapatkan informasi tentang jasa pengiriman barang, terutama saat mereka berniat akan mengirimkan barang dan harus memilih untuk menggunakan jasa pengiriman barang yang professional.

3. Memperkuat kepercayaan konsumen.

Memiliki website mempunyai arti bahwa perusahaan cukup dapat dipercaya. Ditambah dengan beberapa fasilitas, seperti aplikasi untuk memantau barang kiriman (trace and tracking) mampu meningkatkan kepercayaan konsumen untuk menggunakan jasa mereka dalam mengirimkan barang.

Bagi perusahaan jasa pengiriman barang REX, website juga memiliki arti penting dalam memberikan layanannya. Beragam informasi yang disajikannya sangat penting bagi konsumen yang akan menggunakan jasa layanannya, atau bahkan bekerja sama dalam menjalankan proses bisnis Anda. Dengan demikian website sangatlah bermanfaat bagi perkembangan perusahaan jasa pengiriman barang itu sendiri, karena fungsinya sebagai penyedia informasi sekaligus membantu jalannya proses pengiriman barang.


Dikirim pada 26 Februari 2015 di Uncategories




Bisnis di bidang jasa pengiriman barang memiliki prospek yang bagus. Hal ini dikarenakan oleh gaya hidup di masyarakat saat ini yang lebih menyukai belanja online, dimana barang-barang hasil transaksi akan dikirimkan langsung ke alamat tujuan. Lalu sebagai sebuah bisnis, tentu memerlukan ijin usaha. Karena itulah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengurus perijinan usaha jasa pengiriman barang tersebut.

Pada dasarnya, tata cara pengurusan ijin usaha jasa pengiriman barang telah diatur dalam peraturan perundangan-undangan yang mendasari bidang usaha tersebut, yaitu berupa Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 23/PER/M.KOMINFO/04/2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Urusan Pemerintah Sub Bidang Pos dan Telekomunikasi. Dan nampaknya inilah aturan terbaru yang masih berlaku hingga sekarang.

Dalam hal penerapannya, secara teknis pengurusan ijin jasa pengiriman barang atau jasa kurir ini terdiri dari persyaratan administratif dan mekanisme perijinan. Dan berikut uraian secara lebih detail tentang kedua hal tersebut.

Untuk mendirikan sebuah usaha jasa pengiriman barang, ada ketentuan persyaratan administratif, dimana secara umum dijabarkan sebagai berikut :

Badan hukum Indonesia dimana salah satu bidang usahanya melakukan penyelenggara jasa titipan dan telah disyahkan oleh kementerian hukum dan ham
Foto copy nomor pokok wajib pajak (NPWP);
Akta pendirian usaha (PT) / notaris
Tanda daftar perusahaan KTP pimpinan perusahaan
Surat keterangan memiliki sekurang-kurangnya 1 (satu) buah timbangan 0 s.d 30 kilogram sampai dengan ketelitian 100 gram
Rencana kerja 5 tahun (business plan) penyelenggara jasa titipan
Surat keterangan domisili
Adapun mekanisme atau tata cara pengajuan ijin pembukaan kantor cabang berdasar peraturan tersebut yaitu :
1. Mengajukan permohonan tertulis kepada pemerintah daerah
2. Melengkapi persyaratan sesuai ketentuan sebagai berikut :

Surat pengangkatan pimpinan kantor cabang oleh kantor pusat penyelenggara
Fotocopy Surat Ijin Penyelenggaraan jasa titipan (SIPJT)
Fotocopy Surat ijin Tempat Usaha (SITU)
Surat rekomendasi pendirian kantor cabang dari pemerintah daerah

Itulah beberapa persyaratan administratif yang diperlukan dalam mengurus izin usaha jasa pengiriman barang atau jasa titipan, berikut mekanisme apabila akan membuka kantor cabang di daerah.


Dikirim pada 23 Februari 2015 di Uncategories



Anda berbisnis di bidang produk makanan? Atau suatu saat Saudara atau kerabat yang berada di tempat lain memesan makanan dari Anda? Tentunya alternatif terbaik adalah dengan memanfaatkan jasa pengiriman barang. Karena barang yang dikirimkan berupa makanan, maka perlu dilakukan packing agar barang tidak rusak saat dikirimkan.

Packing dilakukan dengan tujuan agar barang tidak mudah rusak, dan tetap rapi saat diterima oleh pemesannya. Karena itulah sebelum diterima oleh perusahaan jasa pengiriman barang, Anda perlu melakukan packing terhadap makanan yang akan dikirimkan.

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengemas makanan sebelum dikirimkan :

Membungkus makanan dengan rapi dan rapat. Lakukan pembungkusan dengan fokus utama untuk menghindari celah sekecil apapun. Selain itu, bungkus makanan sehingga bentuknya menjadi lebih padat. Hal ini perlu, karena saat pengiriman paket tersebut akan bercampur dengan barang kiriman yang lain.
Agar padat, gunakan wadah. Kemasan makanan akan tetap berbentuk padat apabila dikemas dengan menggunakan wadah tertentu, seperti wadah plastik atau karton.
Lapisi wadah dengan wadah. Dua lapisan wadah ini dimaksudkan untuk melindungi wadah utama yang berfungsi membentuk makanan agar tetap menjadi padat. Hal ini untuk mereduksi guncangan atau tekanan dari luar.
Sesuaikan ukuran wadah, kotak serta porsi makanan. Ukuran atau size menjadi hal utama dalam jasa pengiriman. Jangan sampai kemasan berukuran terlampau besar, karena akan berpengaruh pada berat kiriman, yang tentu saja menjadi semakin mahal biaya kirimnya.
Susun dengan rapi. Susun kemasan makanan mulai wadah utama, pelapis kemasan dan bungkus terakhir dengan rapi.
Tuliskan ‘Fragile’ atau ‘Jangan Dibanting’ pada paket. Hal ini penting agar petugas pengirim barang lebih berhati-hati dalam memperlakukan barang.
Kemas paket dalam bentuk Kotak. Bentuk kotak mudah diatur dan tidak mudah bergerak saat terjadi gerakan baik vertikal maupun horizontal.
Pilih pengiriman paket Kilat. Makanan bersifat mudah rusak dan basi. Karena terbatasnya waktu, maka pilihan pengiriman kilat lebih disarankan.

Itulah beberapa tips mudah packing makanan sebelum diserahkan pada jasa pengiriman barang untuk dikirimkan ke alamat tujuan.


Dikirim pada 21 Februari 2015 di Uncategories




Terkait dengan bisnis online, jasa pengiriman barang bisa jadi menjadi bisnis paling booming yang akan terus berkembang. Bagaimana tidak, perannya sangat vital dalam menyampaikan barang yang dijual hingga ke alamat pembeli. Inilah yang menimbulkan dampak meningkatnya aktivitas bisnis jasa pengiriman barang.

Bisa dilihat prospek bisnis pengiriman barang akan semakin cerah di masa depan. Apabila Anda tertarik menekuni bisnis jasa pengiriman barang ini, berikut 10 strategi ampuh dalam bisnis jasa pengiriman barang yang bisa Anda simak :

Tentukan wilayah operasional bisnis. Untuk area dalam kota, armada terbaik bisa menggunakan sepeda motor. Untuk jangkauan wilayah agak jauh, seperti di luar kota pilihan mobil box cukup pas, karena bisa membawa jumlah paket lebih banyak dan ukuran lebih besar. Makin luas jangkauan akan makin meningkatkan keuntungan Anda.
Tetapkan jenis jasa dan barang yang akan diantar. Pilihannya bisa dokumen atau paket-paket kecil, lambat laun bisa berkembang menjadi paket besar hingga ke luar kota.
Tetapkan tarif yang sesuai. Untuk tarif mengirim surat biasa tentu berbeda dengan dokumen rahasia demikian juga dengan paket khusus. Buat klasifikasi tarif berdasar jenis, ukuran, berat dan jarak tempuh tujuan pengiriman.
Tentukan jam operasional, syarat dan batas pengiriman barang, ketentuan biaya tambahan dan beragam layanan lain yang bisa ditawarkan.
Lakukan promosi. Ada banyak cara, mulai dengan menyebar kartu nama, leaflet atau brosur, membuat papan nama di lokasi bisnis, memasang iklan di media atau internet. Bisa juga membuat website agar lebih profesional terkait bisnis online.
Membuat Izin usaha. Untuk membuktikan keseriusan sebuah bisnis, lengkapi usaha dengan berbagai izin yang diperlukan seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), TDP (Tanda Daftar Perusahaan), NPWP perusahaan, Akta Pendirian perusahaan, Izin Gangguan (HO), dll
Lakukan kerjasama dengan perusahan jasa pengiriman barang yang lebih besar bila memerlukan pengiriman barang yang masih berada di luar kapasitas perusahaan Anda. Selain memanfaatkan armada dan sistem kerja yang sudah professional, menjalin kemitraan dengan perusahaan pengiriman barang besar juga cukup menguntungkan, karena menjanjikan imbalan dengan skema yang jelas.
Komitmen garansi tepat waktu. Layanan inilah yang menarik bagi konsumen. Selain itu, layanan saat hari libur, garansi penggantian barang hilang/rusak juga menjadi daya tarik bagi konsumen agar memilih jasa pengiriman milik anda.
Sediakan layanan pengemasan barang atau packaging. Terutama untuk paket barang yang mudah retak atau pecah, barang elektronik, dan lain sebagainya.
Saat sudah mempunyai karyawan, pilihlah karyawan dengan loyalitas yang tinggi agar mampu menjamin kepuasan customer.
Mudah bukan? Segera mulai bisnis pengiriman barang, dan sukses akan bersama Anda.


Dikirim pada 17 Februari 2015 di Uncategories
Awal « 1 2 » Akhir
Profile

“ Haji/Hajjah Irwan ini masih belum mau dikenal orang, mungkin masih malu. “ More About me

Page
Categories
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 40.567 kali


connect with ABATASA