0




Dalam dunia bisnis online, mana yang lebih efektif : mengirimkan barang sendiri atau menggunakan jasa pihak ketiga? Faktanya, banyak yang memilih menggunakan perusahaan jasa pengiriman untuk meng-handle urusan pengiriman barang tersebut. Namun, tak sedikit pula yang mengantarkan sendiri barang hingga ke tangan konsumennya.

Beberapa alasan, seperti menjaga kualitas layanan, lebih hemat ongkos kirim (apalagi untuk barang-barang berat atau berdimensi besar), menjadi dasar mengapa pelaku bisnis online memilih untuk mengirimkan sendiri barang pesanan kepada konsumennya. Lalu, bagaimana strategi yang tepat, agar pengiriman barang yang dilakukan sendiri itu bisa lebih efektif?

Triona Fritsch, seorang praktisi pengiriman barang di sebuah situs bisnis online internasional menyatakan, ada 4 poin penting yang perlu diperhatikan para pelaku bisnis online saat harus mengirimkan barang pesanan kepada pembeli, terutama saat tidak menggunakan jasa perusahaan pengiriman barang :

• Strategi dalam melakukan pengiriman barang
Pengiriman barang justru bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan omset penjualan. Ketepatan waktu atau bahkan lebih awal dari waktu yang dijanjikan, akan meningkatkan reputasi penjual di mata pembeli. Selain itu, cara pengemasan barang yang unik seperti misalnya dengan menyertakan unsur estetika akan membuat pembeli merasa lebih puas saat barang pesanan diterimanya. Singkatnya, pembeli akan merasa puas saat menerima barang lebih awal dari waktu yang dijanjikan, serta barang dikemas dengan menarik.

• Membuat kebijakan dalam pengiriman barang
Kebijakan yang dimaksud diantaranya adalah jaminan atas keselamatan barang. Jaminan bisa berupa cash back atau penukaran dengan barang lain, apabila barang pesanan rusak atau cacat saat dikirim.

• Menjalin komunikasi yang efektif dengan pembeli
Penjual wajib memberikan informasi terbaru kepada pembeli terkait dengan barang pesanannya. Apakah barang belum dikirim, sedang dalam proses pengiriman, atau sudah dikirimkan. Komunikasi yang baik akan mengurangi kekhawatiran konsumen atas barang pesanannya.

• Mengatasi masalah dengan tenang
Saat terjadi kendala terhadap pengiriman barang pesanan, ada baiknya mengetahui akar permasalahan dan sampaikan maaf kepada pembeli. Selanjutnya, selesaikan masalah tanpa harus menyebabkan kerugian yang berlebihan di pihak pembeli.

Sungguh berat bukan, apabila harus menanggung urusan pengiriman barang itu sendiri? Karena itulah, menggunakan jasa pengiriman barang yang tepat adalah strategi terbaik agar terhindar dari masalah-masalah yang terkait dengan pengiriman barang hingga sampai ke tangan konsumen. Dan sebagai rekomendasinya, REX merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman barang terbaik yang akan memberikan layanan pengiriman barang sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Dukungan SDM handal serta sistem kerja yang profesional, menjadikan mereka terpercaya dalam menjalankan tugas pengiriman barang.



Dikirim pada 13 April 2015 di Uncategories




Perkembangan bisnis online yang ada saat ini, tidak lepas dari adanya permasalahan. Terutama dalam kegiatan berbelanja online, sangat rawan terjadi penipuan. Lalu, apa yang bisa membuat seseorang yang belum pernah melakukan pembelian barang atau jasa pada suatu toko online, untuk bisa yakin dan percaya melakuan transaksi?

Kepercayaan, menjadi kunci utama seseorang mau bertransaksi secara online. Metode yang praktis serta tak terikat batasan ruang dan waktu menjadi kelebihan bisnis online. Namun kelemahannya, tentu saja banyak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab melakukan penipuan. Maka tak heran, seringkali orang butuh waktu untuk menganalisa pilihan, apakah harus melakukan transaksi pembelian barang/jasa secara online atau tidak. Demikian pula saat menggunakan layanan pengiriman barang, kepercayaan dibutuhkan untuk menunjang kelancaran bisnis Anda.

Sebagai pelaku bisnis online, yang bisa Anda lakukan adalah menumbuhkan keyakinan calon pembeli melalui testimoni konsumen di website toko online Anda. Testimoni merupakan pernyataan dari pengalaman konsumen yang sudah pernah melakukan transaksi melalui website Anda. Testimoni positif akan memberikan jaminan kepercayaan bagi calon pembeli yang masih diliputi keraguan akan kualitas produk atau layanan Anda. Sehingga, semakin banyak testimoni, menunjukkan semakin tinggi pula kredibilitas sang penjualnya, yang membuat calon pembeli makin yakin dengan produk yang Anda tawarkan.

Yang penting diperhatikan, testimoni positif ditampilkan dengan jujur, bukan karena pengaturan atau editing yang berlebihan. Kejujuran testimoni akan membuat calon pembeli dapat merasakan langsung bagaimana pengalaman mereka saat melakukan pembelian. Bila perlu, sertakan gambar untuk memperkuat testimoni dari konsumen yang bersangkutan.

Hanya saja, terkadang tidak semua orang yang membeli barang mau memberikan testimoni bagi produk Anda. Untuk itu, berikan apresiasi Anda kepada para pembeli yang telah mau memberikan testimoni positif terhadap produk kita. Bentuk apresiasi bisa Anda berikan dalam bentuk voucher diskon atau beragam gimmick menarik lainnya.

Selain itu, jaringlah testimoni positif dari para tokoh terkenal atau para influencer untuk menjadikan orang lain bertambah yakin. Gunakan pula berbagai social media, untuk menjangkau mereka. Cara menjaring testimoni dari mereka adalah dengan memberikan free sample dan kemudian meminta mereka untuk memberikan feedback positif. Inilah yang menjadi senjata dalam berbisnis, yaitu melalui testimoni positif atas produk Anda.

Dikirim pada 02 April 2015 di Uncategories
Awal « 1 » Akhir
Profile

“ Haji/Hajjah Irwan ini masih belum mau dikenal orang, mungkin masih malu. “ More About me

Page
Categories
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 46.130 kali


connect with ABATASA