0
Dikirim pada 20 Januari 2015 di Uncategories



Pengiriman barang sudah lazim dilakukan dalam dunia bisnis. Kebutuhan memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain bisa sangat menguras biaya apabila semuanya harus dikelola sendiri. Sebab di dalamnya mengandung kebutuhan akan sarana transportasi, prosedur pengiriman, dan berbagai perangkat dokumen yang dibutuhkan dalam perpindahan barang tersebut.

Jenis dokumen pengiriman barang tergantung kepada tujuan pengiriman. Pembedanya adalah barang tersebut akan dikirimkan ke mana, dalam ataukah luar negeri. Faktor ini penting diperhatikan, sebab tidak semua perusahaan jasa pengiriman mampu meng-cover area tujuan pengiriman yang luas. Maka, apabila Anda membutuhkan perusahaan jasa pengiriman barang hingga keluar negeri, jasa pengiriman Rex menjadi salah satu alternatif terbaik, karena jaringan pengiriman dan coverage area yang cukup luas hingga ke hampir seluruh negara di dunia.

Beberapa dokumen yang umum dikenal dalam bisnis jasa pengiriman barang diantaranya seperti :

  • Invoice, yaitu dokumen yang berisi tentang data-data barang yang akan dikirimkan, termasuk di dalamnya harga dan identitas barang.
  • Packing List merupakan dokumen yang memuat data deskriptif mengenai barang yang akan dikirimkan, yang dirinci pada jenis barang, dimensi barang, berat barang, serta kuantitas barang.
  • Shipping Instruction (SI) adalah perintah untuk memuat barang ke dalam kapal dari perusahaan pengirim barang kepada perusahaan freight forwarder. Di dalam dokumen SI ini memuat data-data diantaranya : identitas (nama dan alamat) pengirim,  identitas penerima, keterangan barang, serta kuantitas barang dikirim.
  • Airwaybill merupakan surat jalan untuk mengirimkan barang via udara, atau pesawat. Data-data dalam Airwaybill meliputi identitas pengirim, identitas penerima, jumlah dan berat barang, tanggal transaksi, yang dibubuhi tanda tangan pengirim dan pihak penyedia layanan pengiriman.

Dokumen-dokumen itulah yang umum dijumpai dalam setiap pengiriman barang, terutama untuk jenis barang paket atau bukan dokumen. Untuk jenis barang tertentu, beberapa dokumen khusus juga diperlukan, seperti misalnya :

  • Fotocopy surat berharga (seperti SIUP, NPWP, Sertifikat tanah, dan lain sebagainya)
  • MSDS (untuk pengiriman barang yang berbentuk cairan / mengandung unsur kimia berbahaya),
  • Sertifikat Fumigasi (untuk pengiriman barang yang berbahan kayu),
  • Sertifikat Karantina (untuk pengiriman binatang atau buah-buahan),
  • Sertifikat POM (untuk pengiriman bahan makanan),
  • dan berbagai dokumen lain yang dibutuhkan, menyesuaikan pada jenis barang yang akan dikirimkan.

Kesemua dokumen khusus tersebut biasanya hanya dibutuhkan saat melakukan pengiriman ke luar negeri dan dalam skala besar. Jadi, untuk pengiriman domestik tidak diperlukan dokumen yang selengkap itu.
 



Dikirim pada 20 Januari 2015 di Uncategories
comments powered by Disqus
Profile

“ Haji/Hajjah Irwan ini masih belum mau dikenal orang, mungkin masih malu. “ More About me

Page
Categories
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 40.539 kali


connect with ABATASA